Thursday , May 2 2024
Home / Berita Utama / Polda Jabar Laksanakan Uji Kompetensi Promosi Terbuka Jabatan Kasetum, Mengukur Propesionalisme Kerja

Polda Jabar Laksanakan Uji Kompetensi Promosi Terbuka Jabatan Kasetum, Mengukur Propesionalisme Kerja

Bandung,  Kamis 4 Maret 2021

 

Polda Jabar Laksanakan Uji Kompetensi Promosi Terbuka Jabatan Kasetum, Mengukur Propesionalisme Kerja

 

Kabag Binkar SDM Polda Jabar Pimpin Pelaksanaan Uji Kompetensi Terbuka Jabatan Kasetum Polda Jabar Tahun 2021, Kamis (4/3/2021).

 

JAWA BARAT, indonesiaexpose.co.id  –   Untuk mengukur propsesionalisme kerja dalam setiap jabatan Biro Sumberdaya Manusia (SDM) Polda Jabar melaksanakan uji kompetensi promosi jabatan terbuka Kasetum di lingkungan Polda Jabar Tahun 2021 bertempat di Aula Herman Sudjanadiwirja Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta 748 Bandung, Kamis (4/3/2021).

Uji kompetensi diikuti lima orang peserta dan di hadiri pengawas internal dan ekternal sebagai wujud tranparansi dalam pelaksanaan uji kompetensi tersebut.

Sebagai tim penguji, Kasetum Polda Jabar Kombes Pol Ery Kuntari, Kasubbag Siptaka Setum Polda Jabar Pembina Drs. H. Engkos Kosasih dan Kabag Jarlat SPN Polda Jabar AKBP Drs. Adi Suwarman.

Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol. Drs. Solichin, SH yang diwakili Kabag Binkar Polda Jabar AKBP Adi Sumirat, S.IK, MH, MM, CPHR di dampingi Kasubag Kompetensi Kompol Dedi Hermayadi, S.IP, M.IP mengatakan uji promosi jabatan ini merupakan suatu langkah dari Biro SDM Polda Jabar untuk meningkatkan kompetensi. Kegiatan ini dilakukan berbeda dengan penunjuk jabatan yang lainnya.

“Kita memberikan kesempatan dan ruang kepada siapa pun anggota Polri yang pangkat AKBP atau Kompol yang akan UKP ke AKBP,” jelas dia.

Dikatakan oleh Adi Sumirat, bahwa kemaren 7 personel yang sudah mengikuti dua tahapan rikmin dan kopetensi managerial atau asesment center, namun ada dua orang yang belum memenuhi syarat, di assesment center.

“Sekarang ini yang mengikuti kompetensi bidang ada lima orang yakni Kompol Catur Hari Sentosa, SH, MH, Kompol Etie Mulyati, S.IK, M.Si, Kompol Asep Kusnnadi, S.Sos, MM, Kompol Budi Yundarto, A.Md, san Kompol Robi Yabuar Soetjipto, SH,” paparnya.

Untuk uji kompetensi bidang nanti akan dilaksanakan 2 item, dari mulai tes NKP paparan dan tes kompetensi bidang- bidang pengtahuan setum, imbuhnya.

“Mudah-mudahan para peserta sudah belajar, sementara untuk soal hanya 100 soal, namun soalnya mudah dan ada isinya,” ujarnya.

Menurut, Adi Sumirat, peserta harus lebih teliti memilih jawaban mana isinya yang tepat, sistem pengerjaannya pun melalui jaringan internet dan waktu pengerjaan soalnya di batasi setelah selesi uji paparan.

“Uji kompetensi Promosi Jabatan merupakan Reformasi birokrasi yang dicanangkan Pemerintah sebagai upaya untuk melakukan pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, reformasi birokrasi merupakan langkah-langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdayaguna dan berhasilguna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

“Salah satu agenda dari reformasi jabatan adalah promosi jabatan secara terbuka. Dengan promosi jabatan secara terbuka, diharapkan nantinya diperoleh pejabat struktural yang profesional, memiliki kompetensi tinggi, berkinerja baik, berintegritas, dan sesuai harapan organisasi,” tandasnya.

(020)

1,475

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Minggu  28  April   2024 Renungan  Joger   117

Renungan  Joger

Bali, Sabtu  27  April   2024 Renungan  Joger 103