Wednesday , May 1 2024
Home / Bali /

Bangli, Rabu  28  Juni  2023

Wabup  Diar  Buka  Kegiatan  Pembina  Remaja  dan  Calon  Pengantin  Hindu

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli Tia Sastrina, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli membuka Pembinaan Remaja dan Calon Pengantin Hindu pada Selasa, (27/6/2023) di WBS Sidembunut Bangli. hadir mendampingi pada acara tersebut Kasi Urusan Agama Hindu Kankemenag Kabupaten Bangli, Ketua Pokjaluh Kankemenag Kabupaten Bangli yang diikuti oleh 60 peserta muda-mudi Se- Kabupaten Bangli.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli Tia Sastrina menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk upaya kemenag Bangli untuk mengawal generasi muda dalam membangun bahtera rumah tangga, mempersiapkan keluarga yang sukinah, dan melahirkan anak-anak yang sehat, maka Kementerian Agama hadir memberikan pembinaan-pembinaan dalam bentuk pembinaan calon pengantin dalam bentuk sosialisasi maupun diskusi dengan penyuluh lintas agama di masing-masing KUA, membangun Rumah Bina Keluarga Sukinah (RBKS) yang sekretariatnya ada di Kantor MDA Kab. Bangli, yang juga merupakan sebagai pusat pembinaan, konseling remaja pra nikah, konseling perkawinan, sudhi wadani, dan konseling permasalahan keluarga.

” Pernikahan adalah ikatan yang indah antara dua orang, dua keluarga, dan dua lingkungan yang tidak lepas dari tantangan dan tanggung jawab. Maka diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagi pasangan sebelum memasuki ikatan tersebut, sehingga nantinya saat telah menikah, pasangan dapat hidup rukun, penuh cinta, dan kasih sayang,” jelas Wabub Diar.

Ditengah maraknya fenomena peningkatan angka perceraian, konflik keluarga, KDRT, kelahiran yang tidak diinginkan, pernikahan dini, pernikahan siri, dan kasus stunting, hal ini merupakan tanggung jawab bersama, baik itu keluarga, pemerintah dan lingkungan untuk dapat memberikan kaidah-kaidah, pemahaman-pemahaman pentingnya pemahaman dan persiapan fisik, mental, dan ekonomi sebelum menikah dan membangun bahtera rumah tangga dan mampu memahami bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan pasangan untuk mengelola konflik, sehingga dapat bekerja sama untuk membangun keluarga yang bahagia dan sehat.

“ Saya harapkan seluruh peserta dapat mengikuti pembinaan ini dengan baik, karena pembinaan ini sesungguhnya merupakan investasi, investasi dalam bentuk kesiapan dan pemahaman untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan keluarga di masa depan,”sambungnya.

Wakil Bupati Bangli Wayan Diar kala itu menyampaikan apresiasinya kepada kemenag Bangli karna telah melaksanaakan pembinaan remaja dan calon pengantin Hindu terkait bagaimana kesehatan yang layak dan siap untuk pengantin sehingga terlahirlah generasi yang tumbuh sehat sebagai generasi unggul berkwalitas.

“semoga pembinaan remaja ini dapat bermanfaat dan mencegah hal hal yang tidak diinginkan seperti perceraian, konflik keluarga, KDRT, kelahiran yang tidak diinginkan, pernikahan dini, pernikahan siri, dan kasus stunting dapat ditekan seoptimal mungkin,”pungkasnya.

Kepada para peserta, Wabup Diar pun sangat berharap setelah menerima pembinaan dari para narasumber nantinya dapat menjadi fasilitator penyebar informasi kepada kaula muda bangli betapa pentingnya pemahaman persiapan yang harus dilaksanakan menuju tingkat pernikahan untuk mewujudkan keluarga hindu yang harmonis dan sejahtera. (079)

194

Check Also

Angelus Buana, Bupati Giri Disambut Ribuan Warga Tabanan

Tabanan,  Senin  29  April   2024 Angelus Buana, Bupati Giri Disambut Ribuan Warga Tabanan     …

dr. Jaya Kusuma Ketum FHI Bali  : Bangun Sinergi Genjot Pembinaan Atlet Wujudkan Prestasi Olahraga Hockey

Gianyar, Senin  29  April   2024 dr. Jaya Kusuma Ketum FHI Bali  : Bangun Sinergi Genjot Pembinaan Atlet …