Tuesday , September 22 2020
Home / Bali / Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional Lomba Masak Kategori Menu Keluarga

Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional Lomba Masak Kategori Menu Keluarga

Denpasar,  Sabtu  14  Desember  2019

 

 

Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional Lomba Masak Kategori Menu Keluarga

 

BALI,  INDEX  –  Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sebagai Duta Provinsi Bali meraih Juara Peringkat IV (Juara Harapan I) Tingkat Nasional Kategori Menu Keluarga pada lomba masak serba ikan serangkian Peringatan Hari Ikan Nasional HARKANNAS tahun 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).

 

“Sukses meraih peringkat 4 tingkat nasional ini membuktikan bahwa PKK Kota Denpasar bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar mampu mengolah menu ikan dengan baik, bagus dan enak di konsumsi pada kalangan keluarga,” ungkap Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Kota Denpasar Ny. IA Selly Dhamawijaya Mantra di dampingi Wakil Ketua FORIKAN Ny. Kerti Rai Iswara.

 

Lebih lanjut Ny. Selly Mantra mengatakan, dengan mengolah menu ikan yang enak dan disukai di kalangan keluarga akan meningkatkan komsumsi ikan sehingga secara tidak langsung dapat mencegah stunting pada anak. Mengingat 1000 hari kehidupan anak harus mendapatkan asupan gizi yang baik.

 

Ny. Selly juga menjelaskan dalam pencegahan stunting Pemkot Denpasar sejak tahun 2014 telah melaksanakan berbagai kegiatan mulai dari gerakan edukasi gemar makan ikan (gemarikan), lomba masak serba ikan, bazar gemarikan, kampanye gemarikan, safari gemarikan, sosialisasi gemarikan, pemberian makanan tambahan berbahan baku ikan untuk siswa TK/PAUD. Bahkan dengan adanya gerakan edukasi gemar makan ikan pada perayaan Hari Ikan Nasional mengantarkan Bunda Paud Kota Denpsar ini meraih Penghargaan HIMPAUDI Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

 

Menurut Ny. Selly Dalam rangka hari ikan nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan penghargaan kepada Bunda Paud karena Bunda Paud Kota Denpasar telah bersinergi dengan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar serta HIMPAUDI. Penghargaan untuk Bunda Paud tujuannya adalah bagaimana kita dapat mensosialisasikan kepada anak- anak paud. Bahwa 1000 hari kehidupan asupan yang baik di dapat dari ikan itu sendiri. Karena ikan banyak mengandung vitamin yang dapat mencerdaskan dan menyehatkan. Selain itu dengan mengkonsumsi ikan juga mencegah stunting.
Chef sekaligus wakil PKK Kota Denpasar I Dewa Ayu Made Sudarmi didampingi Ni Luh Putu Diantari mengucapkan syukur karena lomba kali ini dapat meraih Peringkat IV tingkat nasional. Menurutnya menu keluarga yang dibuat cukup sederhana yakni Rolade ikan tenggiri sambal
Kemangi.

 

“Sebagai Chef dan anggota PKK Kota Denpasar saya akan terus mensosilisasikan kepada masyarakat agar mengkomsumsi ikan, serta akan memberikan berbagai resep ikan yang mudah dibuat dan enak untuk kalangan keluarga,” ujarnya.

 

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo yang hadir pada acara tersebut mengatakan, pusat kekuatan ada di pundak ibu-ibu semua. Kalau sudah berkomunikasi dengan baik dengan ibu-ibu PKK maka lebih dari 80 persen masalah bangsa bisa selesai.

 

” Saya menyambut baik acara ini dan berharap acara ini tidak hanya serimonial, ” ujarnya.

 

Menurutnya melalui lomba masak ikan mencari solusi untuk membangkitkan atau menyelesaikan permasalahan bangsa salah satunya adalah kerjasama dengan ibu ibu pkk, karena mereka yang tau permasalahan sampai pelosok daerah.
(075)

Check Also

Denpasar, Selasa  22  September  2020

Renungan  JOGER

Bali, Selasa  22  September  2020   Renungan  JOGER