Thursday , May 2 2024
Home / Bali / Ketut Marjana ketua PHRI Bangli, Sambut Positif  Kebijakan Ketua BPD PHRI  Atas Sinergitas Sektor Pertanian dan Pariwisata

Ketut Marjana ketua PHRI Bangli, Sambut Positif  Kebijakan Ketua BPD PHRI  Atas Sinergitas Sektor Pertanian dan Pariwisata

Denpasar, Kamis  29  Juni  2023

Ketut Marjana ketua PHRI Bangli, Sambut Positif  Kebijakan Ketua BPD PHRI  Atas Sinergitas Sektor Pertanian dan Pariwisata

 

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk Penggunaan Produk Lokal Bali, Selasa (27/6/2023)

Acara juga dibarengi dengan peresmian Pusat Investasi Kerthi Bali Sadhana (PIKBS) serta pengukuhan Badan Pimpinan Cabang (BPC) PHRI Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli dan Kota Denpasar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali, Trisno Nugroho menyampaikan, sinergi seluruh pihak di sektor pertanian dan pariwisata perlu terus dilakukan guna menghadapi tantangan ke depan.

Bali perlu menguasai pangan lokal untuk meningkatkan ketahanan pangan. Peran Perumda perlu terus dioptimalkan untuk menjadi offtaker produk pangan dari petani lokal sehingga ketersediaan pangan di Bali tetap terjaga.

Peran Perumda sebagai offtaker juga dapat memberikan jaminan kepastian harga di tingkat petani sekaligus mendorong penetapan harga yang saling menguntungkan petani dan pembeli, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Trisno menyebut bahwa dalam konteks pengendalian inflasi, kerja sama antara PHRI dengan Paiketan juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kestabilan harga di daerah. Dengan sistem penjualan langsung dari petani – Perumda – pelaku usaha perhotelan, maka rantai distribusi bisa menjadi lebih sederhana dengan biaya yang lebih efisien sehingga harga yang ditransaksikan juga menjadi lebih kompetitif.

Ketua BPD PHRI Provinsi Bali, Tjokorda Oka Sukawati (Cok Ace) menyambut positif sinergitas antara sektor pertanian dan pariwisata dalam memajukan perekonomian Bali.

Kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster untuk memasarkan dan memanfaatkan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 kembali mendapatkan dukungan dari Hotel/Restaurant di Bali dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penggunaan Produk Lokal Bali yang dilaksanakan oleh :

  1. Toya Devasya Geopark Resort & Spa
  2. Wapa Di Ume Ubud Resort & Spa
  3. Ashyana Candidasa Beach Resort
  4. Raffles Bali
  5. Maya Sanur Resort & Spa
  6. The Royal Pita Maha
  7. Tjampuhan & Restaurant Group
  8. Hotel Santrian Group
  9. Legian Beach Hotel
  10. Kutus Kutus New Sunari Lovina Beach Resort
  11. Dewi Sinta Hotel & Restaurant Tanah Lot-Bali
  12. Pramana Natura Nusa Penida serta
  13. Bombora Wave Lodge Medewi.

Sementara Wagub Tjok Oka Sukawati menjelaskan, pihaknya mengajak pengurus PHRI Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali bersinergi dan secara bersama – sama membangun perekonomian Bali dengan mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali No.79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali, Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/kain Tenun Tradisional Bali, serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

“Manfaatkanlah produk lokal Bali seperti buah, sayur, dan lain sebagainya untuk para wisatawan Kita yang ada di Hotel/Restaurant. Hal ini sebagai bentuk sinergitas dan upaya Kita bersama dalam membangun pariwisata dan perekonomian Bali secara menyeluruh serta berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara ,Ketut Marjana yang kembali menakhodai Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Bangli Periode 2023-2028 menjelaskan, kita wujudkan pariwisata bersama-sama yang berkesinambungan guna meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bali dan Kab.Bangli khususnya.

” Peran aktif lainnya yang dilakukan PHRI Bangli dalam rangka membangun kepariwisataan Bangli di antaranya berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Festival Balingkang, menerima Kunjungan Konsul Jenderal China Mr.Guo Haodong,Courtesy call ke Konsul Jenderal Tiongkok, melakukan pembinaan Pokdarwis untuk pengembangan destinasi wisata bukit Terunyan yang semakin ramai dikunjungi Wisatawan,” pungkas Ketut Marjana.

(112)

178

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  01  Mei  2024 Renungan  Joger 195

Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan

Tabanan,  Selasa  30  April 2024 Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan …