Saturday , May 4 2024
Home / Bali / Otorita Ibu Kota Nusantara  Gandeng  Raksasa Teknologi  Dunia : Cisco, Autodesk dan ESRI  Di San Jose, California, Amerika Serikat

Otorita Ibu Kota Nusantara  Gandeng  Raksasa Teknologi  Dunia : Cisco, Autodesk dan ESRI  Di San Jose, California, Amerika Serikat

San Jose, Selasa 28  November  2023

Otorita Ibu Kota Nusantara  Gandeng  Raksasa Teknologi  Dunia : Cisco, Autodesk dan ESRI  Di San Jose, California, Amerika Serikat

 

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardana Sukawati menyerahkan air suci kepada Presiden Joko Widodo di IKN

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Otorita Ibu Kota Nusantara menyepakati kerja sama dengan sejumlah perusahaan raksasa teknologi di San Jose, California, Amerika Serikat.Perusahaan teknologi itu adalah  Cisco, Autodesk dan ESRI yang bertempat di Silicon Valley .

“Kerja sama ini dalam rangka mewujudkan IKN sebagai smart city,” kata Ali Berawi, Deputi Teknologi Hijau dan digital OIKN.

Ia mencontohkan kerja sama dengan Cisco yang bisa menjadikan gedung-gedung di IKN nanti punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Prof. Ali Berawi, menyampaikan bahwa bukan hanya dengan perusahaan-perusahaan dari AS, IKN juga menjalin kerja sama dengan perusahaan dari sejumlah negara besar lainnya. “Semua infrastruktur sedang kami siapkan,” ujar Ali. Ali mengatakan dalam pembangunan IKN, kolaborasi banyak pihak mutlak diperlukan, termasuk para perusahaan raksasa teknologi di pusat teknologi dunia, Silicon Valley ini.

Sejumlah petinggi Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengunjungi pusat teknologi Silicon Valley di San Fransisco, California, Amerika Serikat, Senin (13/11/2023). Kunjungan ini untuk menjalin kerja sama dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan sejumlah perusahaan teknologi terkemuka.

Turut hadir pejabat IKN yang hadir diantaranya,  Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Deputi Teknologi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi, Direktur Transformasi Hijau Tonny Agus Setiono, Staff Khusus Manajemen Pengetahuan Indrayanto Cahyadi serta Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw.

” Pembangunan IKN jadi smart city sudah jelas arahnya dan bagian dari transformasi yang saat ini sedang dilakukan di Indonesia. Salah satu transformasinya adalah membangun ibu kota baru yang harus kita bayangkan di 2045 sebagai sebuah keberlanjutan,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono yang turut menyaksikan penandatanganan tersebut.

Lanjutnya, kita harus melompat jadi kota cerdas. Hampir semua kota besar di dunia sudah menerapkan konsep smart city.

Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw menegaskan, yang ia  lakukan adalah tranformasi. Bukan hanya membangun kota, tapi transformasi peradaban baru agar Indonesia di 2045 jadi bangsa yang lebih kuat dan Sejahtera.

” Indonesia ingin naik kelas dari negara berpenghasilan rendah ke berpengasilan tinggi melalui perubahan menjadi kota cerdas dan terkemuka di level dunia,” jelas Troy.

Dalam kesempatan itu, Vice President Engineering Sustainability Office Cisco Denis Lee Yeh  menandatangani MOU  bersama Deputi Teknologi Hijau dan Digital.

Mohammed Ali Berawi mengatakan pihaknya selama ini sudah banyak melakukan hal-hal untuk mendukung sistem keberlanjutan dan ramah lingkungan bagi kehidupan manusia. Caranya kata Denise dengan pembangunan pusat data, smart building dan ruang kerja dan internet untuk masa depan.

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan. Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota

Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur.

”  Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai,” ungkap Ali.

Menurut Ali, Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial.

“Melalui teknologi informasi geospasial tersebut, dapat membantu OIKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN. Hal ini akan membantu OIKN dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Penandatanganan MOU antara OIKN dan ESRI diwakili oleh Deputi Teknologi Hijau dan Digital, Mohammed Ali Berawi dan Dean Angelides, ESRI Director of Global Business Development.

(Yuli)

137

Check Also

Ciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan

JEPARA, Jumat  03  Mei  2024 Ciptakan Proses Belajar yang Menyenangkan   Pj  Bupati Jepara Edy …

Renungan  Joger

Bali, Jumat  03  Mei 2024 Renungan  Joger 90