Friday , April 19 2024
Home / Bali /

Denpasar, Senin  22  Maret  2021

 

Percepat Pelayanan Kepada Masyarakat, Wali Kota Jaya Negara di Desa Ubung Kaja dan Kelurahan Ubung.

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id  –  Wali Kota I GN Jaya Negara kembali melaksanakan kunjungan kerja di desa/kelurahan. Pada Senin (22/3/2021) Wali Kota Jaya Negara didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Denpasar, I.B Alit Wiradana dan Camat Denpasar Utara, I Nyoman Lodra serta Kabag Humas dan Protokol melakukan kunjungan di Desa Ubung Kaja dan Kelurahan Ubung.

Kehadiran Jaya Negara dalam rangka menyerap aspirasi dan melakukan pembahasan terkait dengan pelayanan masyarakat yang dihadiri unsur LPM, BPD, Jro Bendesa setempat dan Kaling/Kadus.

Disamping itu juga diinformasikan terkait percepatan pelaksanaan pelayanan vaksinasi, pengelolaan sampah, hingga program inkubator bisnis dalam masa pandemi yang dicanangkan Pemkot Denpasar.

Jaya Negara menyampaikan dalam kegiatan ini menerima banyak masukan dari aparatur desa baik itu perbekel/lurah, LPM, BPD, hingga kepala dusun/lingkungan.

Moto pelayanan Sewaka Dharma yakni melayani adalah kewajiban dapat terus ditingkatkan dari desa hingga nanti pelayanan yang ada di Pemerintah Kota Denpasar. Hal ini juga disinergikan melalui semangat menyama braya yakni Vasudhaiva Kutumbakam bahwa setiap pelayanan kepada masyarakat tidak melihat latar belakang, ras, suku dan agama.

Lebih lanjut disampaikan Jaya Negara dalam masa pandemi saat ini dalam program percepatan pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Kota Denpasar yang telah berjalan dengan berbasis desa dan lingkungan banjar. Saat ini pada pelaksanaan vaksinasi kepada lansia dan pelayanan publik, tokoh agama, pecalang, kelihan adat hingga kadus/kaling menjadi prioritas. Sistem berbasis banjar ini nantinya dapat mempercepat pelayanan vaksinasi yang ada yang saat ini mendapat tambahan 35 orang relawan vaksinlitator disamping dibantu dari pihak rumah sakit swasta, universitas kesehatan, serta TNI dan Polri. Diharapkan pula nantinya relawan vaksilitator yang ada di desa atau banjar dapat turut serta membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Langkah ini kita ambil nantinya dapat memberikan kenyamaman dan kemanan kepada para lansia dalam menerima vaksinasi, karena usia yang sudah uzur tentu memberikan dampak pada vaktor pendekatan pelayanan yang ada,” ujarnya.

Terkait dalam pengelolaan sampah pihaknya akan mempersiapkan langkah pengelolaan sampah dari sumbernya. Langkah ini nantinya akan memberikan bantuan alat dalam memproses sampah menjadi pelet serta dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Seperti di Desa Ubung Kaja telah memiliki lahan tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, recyle (TPS3R) yang baik dengan luas yang memadai dalam pengelolaan sampah. Disamping itu juga telah melibatkan lingkungan banjar dalam pengelolaan bank sampah.

Disamping itu berkaitan membantu masyarakat yang terdampak pada masa pandemi yakni di PHK dan dirumahkan, Jaya Negara berharap kepada perbekel/lurah dan pelaksana wilayah dapat mensosialisasikan program Pemkot Denpasar berkaitan dengan inkubator bisnis yang bekerjasma dengan Bank BPD Bali dan Jamkrida.

“Kepada UMKM yang ada di desa/kelurahan dapat memanfaatkan peluang ini dan diberikan pelatihan serta bantuan modal kerja,” ujarnya

Perbekel Desa Ubung Kaja, I Wayan Astika menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Jaya Negara dan jajaran dalam melaksanakan simakrama. Di Desa ubung Kaja berkaitan dengan masalah sampah telah dilakukan berbasis lingkungan. Berkaitan dengan vaksinasi dan UMKM pihaknya bersama pelaksana wilayah siap mensosialisasikan program Pemkot Denpasar. Hal senada juga disampaikan Lurah Ubung Wayan Arianta Dia mengaku berterima kasih kepada Walikota Jaya Negara yang berkenan berkunjung dalam menyerap masukan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kunjungan ini sangat baik sekali untuk mengetahui kondisi di masyarakat, sehingga bisa segera dicarikan solusi,” tutupnya.

(Adv)

343

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     61

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …