Friday , May 3 2024
Home / Bali / Peran serta Jasa pengiriman JNE di Daerah dorong peningkatan penjualan hasil produksi UMKM

Peran serta Jasa pengiriman JNE di Daerah dorong peningkatan penjualan hasil produksi UMKM

Buleleng, Kamis  19  September  2019

 

Peran serta Jasa pengiriman JNE di Daerah dorong peningkatan penjualan hasil produksi UMKM

 

 

BALI, INDEX  –  Kerajinan wood-handycraft di desa Petandakan-Buleleng merupakan usaha produktif yang dikelola oleh UKM Nyiur Indah. Pengembangan usaha kerajinan wood-handycraft pada awalnya timbul akibat efek imbas dari eskalasi prosesi religi, pementasan seni, kreasi seni, edukasi seni, dan kebutuhan ornament dan asesori artistik.

Usaha kerajinan wood-handycraft Nyiur Indah didirikan oleh I Gede Merta tahun 2006. Pada awalnya produk kerajinan kayu Nyiur Indah digunakan sebagai substasi prosesi ritual kegiatan religi Hindu di Bali saja, kemudian berkembang menjadi produk seni unik yang banyak diminati kolektor sebagai produk karya seni kriya (ukiran), dunia akademisi kriya, dan digunakan sebagai item ornament untuk memperkaya interior dan tata hidangan di restoran dan hotel, yang sangat berpotensi ekspor untuk menghasilkan devisa, mata pencaharian dan sumber kehidupan masyarakat di desa Petandakan Buleleng dan sekitarnya.

Upaya pemecahan yang dilakukan pada UKM “Nyiur Indah”, dalam program PPPE, yang diketua Dr. I Nyoman Sila, M.Hu adalah mewujudkan stasiun kerja yang ergonomis dan melakukan transfusi ipteks ke dalam sistem produksi dan pemasaran, dan mengkapasitasi staf UKM dalam menguasai kompetensi managemen usaha, administrasi, finansial, dan keselamatan kerja usaha produksi kerajinan wood-handycraft.

I Ny.Sila mengatakan, belum lama ini tim Pengabdian Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menggelar pelatihan E-Commerce, manajemen keuangan serta inovasi produk bagi pengusaha bokor dan bowl di Kabupaten Buleleng,Bali.

” Pelatihan digelar di  Dusun Pondok, Desa Petandakan, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. PKM yang mengusung topik UMKM Kerajinan Kayu ( Bowl dan Bokor) ini bermitra dengan dua UMKM yakni Ud. Karya Seni dan Ud. Nyiur Indah,” imbuhnya.

Sila  menyebut, dipilihnya produksi kerajinan wood-handycraft  agar berpotensi ekspor untuk menghasilkan devisa, mata pencaharian dan sumber kehidupan masyarakat di desa Petandakan Buleleng dan sekitarnya.

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah membutuhkan sistem logistik yang kuat agar bisa berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian nasional.

” UMKM bisa berkembang maksimal, jika para pelaku usaha logistik bisa meningkatkan peran UMKM terhadap pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal,” tuturnya.

Melalui sinergi antara pelaku usaha dan pemerintah, Sila menjelaskan akan terbentuk sistem pola pengiriman barang yang lebih terorganisir baik itu melalui darat, laut, dan udara.

Menurutnya, salah satu perusahaan ekspedisi seperti JNE peranya sangat diperlukan dalam mendorong pelaku UMKM .Seperti memperluas jangkauan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

” Karena tumbuhnya e-commerce akan meningkatkan peran UKM terhadap pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal,” imbuhnya.

“Saya berharap , seiring tumbuhnya e-commerce saat ini, dengan kapabilitasnya sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan logistik nasional, JNE terus berkomitmen mendukung kemajuan bisnis UMKM. Dalam bentu bentuk penjualan dan pengiriman,” pungkasnya.

Bisnis online atau yang dikenal juga dengan e-commerce memiliki proses yang sangat cerah ke depannya. E-commerce merupakan salah satu motor perekonomian dunia di zaman teknologi sekarang. Hampir bisa dikatakan kekuatan ekonomi suatu Negara tidak bisa lepas dari yang namanya e-commerce. Dimana pelaku usaha ini kebanyakan dari kawula muda.

(078)

454

Check Also

Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, bertajuk Edukasi Cinta  Bangga dan Paham Rupiah,Melalui Lagu Tari Legong, akan tercatat Rekor MURI

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024 Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, …

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 193