Wednesday , August 5 2020
Home / Bali / PREJURU DESA ADAT GIANYAR, PUTUSKAN TAWUR KESANGA SESUAI DRESTA DAN UGER UGER.

PREJURU DESA ADAT GIANYAR, PUTUSKAN TAWUR KESANGA SESUAI DRESTA DAN UGER UGER.

Gianyar, Selasa  14  Januari  2020

 

PREJURU DESA ADAT GIANYAR, PUTUSKAN TAWUR KESANGA SESUAI DRESTA DAN UGER UGER.

 

BALI, INDEX  –  Bertempat di Pura Puseh dan Pura Desa, Desa Adat Gianyar Senen, 13 Januari 2020 malam Bendesa Adat Gianyar mengundang semua Prejuru Desa Adat Gianyar terdiri dari Pimpinan Sabha Desa Adat berserta Anggota, Para Kelian Adat se Desa Adat Gianyar dan Staf Bendesa Adat, untuk mengadakan pertemuan membahas pelaksanaan tawur KESANGA di Catus Pata Desa Adat Gianyar yang akan datang berkenaan dengan pelaksanaan hari raya Nyepi Caka 1942 tanggal 25 Maret 2020 yang akan datang.

 

Pertemuan dipimpin Bendesa Adat Gianyar Dewa Made Suardana didampingi wakil Ketua Sabha Desa Ida Bagus Gaga Ardana dan sekretaris Desa Adat Gianyar Ketut Gde Putrayasa, dihadiri seluruh Prejuru Desa Adat Gianyar.

 

Pertemuan berjalan alot dengan dua buah keputusan yang diambil, pertama, Desa Adat Gianyar akan tetap menyelenggarakan TAWUR KESANGA berdasarkan DRESTA dan UGER UGER yang berlaku di Desa Adat Gianyar. Kedua, Hanya ada satu TAWUR KESANGA di wilayah Desa Adat Gianyar.

 

Salah seorang prejuru Desa Adat Gianyar yang sempat diminta pendapatnya mengenai keputusan pertemuan Prejuru Desa Adat Gianyar sebut saja namanya Kadek, mengungkapkan bahwa Prejuru Desa Adat Gianyar sangat bijaksana dan sabar dalam mengambil keputusan, jangan sampai ada pihak pihak yang bermain untuk kepentingan pribadi dan kepentingan politik kelompoknya “Kami beragama Hindu, sudah sepatutnya mengikuti dan bijaksana dalam beryadnya untuk kepentingan tatwa Agama dan tulus tidak boleh ada kepentingan politik” ungkap Kadek

 

Sementara itu Bendesa Adat Gianyar Dewa Made Suardana ketika diminta pendapatnya tentang langkah langkah yang akan diambil setelah selesainya pertemuan ini, menyebut akan segera bersurat ke Bapak Bupati Gianyar menyampaikan keputusan rapat Prejuru Desa Adat Gianyar agar dapat dijadikan bahan pertimbangan Bapak Bupati.

 

” Kami akan bersurat ke Bapak Bupati Gianyar, menyampaikan hasil pertemuan Prejuru Desa Adat Gianyar hari ini untuk dapat menjadi bahan pertimbangan Bapak Bupati” tutup Suardana.

(Dewa/072)

Check Also

CAPAI 7.946 MW, PLN TERUS DORONG PEMANFAATAN EBT

Jakarta,  Rabu  05  Agustus  2020   CAPAI 7.946 MW, PLN TERUS DORONG PEMANFAATAN EBT   …

Denpasar,  Rabu  05  Agustus  2020