Friday , May 3 2024
Home / Bali / TRI SADAKA PEMUPUT TAWUR KESANGA DESA ADAT GIANYAR

TRI SADAKA PEMUPUT TAWUR KESANGA DESA ADAT GIANYAR

Gianyar, Senin  24  Pebruari  2020

 

TRI SADAKA PEMUPUT TAWUR KESANGA DESA ADAT GIANYAR

 

BALI,  INDEX  –  Menindaklanjuti keputusan rapat Prejuru Desa Adat Gianyar Rabu, 12 Februari 2020 yang lalu, bertempat di Pura Puseh dan Desa Desa Adat Gianyar, Minggu 23 Februari 2020 diselenggarakan pertemuan lanjutan membahas teknis pelaksanaan Tawur Kesanga. Hadir dalam pertemuan tersebut seluruh kelian Adat se Desa Adat Gianyar dan seluruh staf Desa Adat Gianyar dipimpin Bendesa Adat Gianyar Dewa Made Suardana.

Bendesa Adat Gianyar Dewa Made Suardana menjelaskan sebagai hasil koordinasi dengan Bupati Gianyar untuk tahun ini Tawur Kesanga dipuput oleh Tri Sadaka yaitu ida Pedanda Siwa, Ida Pedanda Buda dan Ide Resi Bujangga, “Nyarengin Mepuja” Sarwa Pandita “ngrastitiyang Yadnya Tawur mangde Dedeg jagate”, diantaranya Ide Pandita Putra Dalem Kebon, Ide Empu keduanya dari Geria Pasdalem Gianyar, untuk Empu Pande dan Ide Resi akan dibantu oleh pihak Pemkab Gianyar untuk menentukannya, namun pemendaknya tetap tugas dari Desa Adat Gianyar.

 

Salah seorang warga Desa Adat Gianyar ketika dimintai komentarnya sebut saja Putu, menyatakan kegembiraannya sudah ada permufakatan yang baik antara Desa Adat Gianyar dengan Bupati Gianyar, masing masing sudah berpikir dewasa dalam mengambil keputusan dan berterimakasih kepada Bupati Gianyar atas penghormatan awig awig dan Dresta yang berlaku di Desa Adat Gianyar.

 

“Kami warga Gianyar sangat berterimakasih kepada Bupati Gianyar atas penghormatannya kepada Awig Awig dan Dresta yang masih berlaku di Desa Adat kami,” tegas Putu.

 

Sementara itu Bendesa Adat Gianyar Dewa Made Suardana, berharap dalam pelaksanaan TAWUR KESANGA ini agar tetap terjaga keharmonisan dengan semua pihak baik vertikal maupun horizontal. Karena sebuah Yadnya adalah korban suci, diselenggarakan dengan tulus ikhlas.

 

” Sebuah Yadnya harusnya diselenggarakan dengan tulus ikhlas dan sama sama menjaga kesuciannya,” tegas Suardana.

 

Suardana menambahkan lagi Prejuru desa Adat akan audensi ke Bupati Gianyar, mengenai waktu sudah dikoordinir oleh Bapak sekdakab dan bagian Kesra Pemkab Gianyar.

(Dewa/072)

352

Check Also

Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024   Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, …

Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, bertajuk Edukasi Cinta  Bangga dan Paham Rupiah,Melalui Lagu Tari Legong, akan tercatat Rekor MURI

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024 Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, …