Friday , March 29 2024
Home / Jawa Barat / Wakapolri Buka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke 60 Tahun 2020

Wakapolri Buka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke 60 Tahun 2020

Bandung, Selasa  17  Maret  2020

 

Wakapolri Buka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke 60 Tahun 2020

 

JAWA  BARAT,  INDEX  –  Wakapolri Komjen Pol Drs Gatot Eddy Pramono, M.Si, Selasa pagi (17/03/2020) bertindak sebagai inspektur upacara membuka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke 29 dan Sespimmen Polri Dikreg ke 60 Tahun 2020 di Sespim Lemdiklat Polri Lembang, Kab. Bandung Barat.

 

Dalam kesempatan tersebut Wakapolri menyatakan bahwa perkembangan dunia saat ini menghadirkan berbagai tantangan yang pastinya butuh solusi, baik dari seluruh umat manusia, termasuk juga Polri.

 

“Perkembangan teknologi, banyak merubah kehidupan manusia dengan sangat cepat. Dunia digitalisasi, misalnya, merupakan tantangan bagi peserta didik sespimti dan sespimen saat ini yang pastinya bakal menghadapi fenomena yang lebih kompleks dibandingkan dahulu,’ kata Komjen Pol Drs Gatot Eddy Pramono kepada awak media didampingi Kalemdiklat Polri, Kasespim Polri usai upacara Pembukaan Sespimti dan Sespimmen Polri.

 

Lebih jauh, Wakapolri mengatakan, berbagai ideologi yang muncul di dunia akhir-akhir ini juga menjadi tantangan bagi negara berprinsip demokrasi seperti Indonesia saat ini.

 

“Harus diakui, demokrasi bukan hanya menghadirkan banyak hal positif saja. Tapi juga menghadirkan banyak hal yang akan mendorong tantangan keamanan menjadi semakin kompleks. Ini tentunya menuntut kehadiran Polri untuk tetap eksis dan langgeng menjaga keamanan dan ketertiban di Indonesia,” tutur Wakapolri.

 

Selain itu, berbagai peristiwa faktual di kehidupan manusia juga menjadi perhatian bersama, kata dia.

 

“Efek virus corona (Covid-19), perkembangan medsos, dan lain sebagainya merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Sebab, itu semua menghadirkan tantangan keamanan yang akan berdampak pula pada ketahanan nasional. Disinilah dituntut kerjasama dan kehadiran para perwira yang menjadi pemimpin, yang mampu melahirkan pemikiran strategis, serta solutif bagi dinamika permasalahan sosial di tengah masyarakat. Gotong royong secara bersama,” tegas Wakapolri.

 

Wakapolri juga meminta agar para peserta didik mengikuti pendidikan dengan sungguh-sunguh. Sehingga apa yang diinginkan lembaga untuk melahirkan generasi pemimpin yang profesional dan berintegritas dapat tercapai.

 

“Tantangan ke depan bagi para pemimpin adalah semakin tidak mudahnya jalan kepemimpinan. Maka, jangan melakukan sesuatu yang biasa atau bussiness as usual. Tapi lakukan sesuatu yang luar biasa, yang signifikan dan fundamental dalam membangun organisasi, bangsa dan negara. Dengan cara seperti inilah kita mampu mencapai sasaran pendidikan untuk melahirkan generasi pemimpin yang unggul, berkarakter dan berintegritas,” kata Wakapolri.

 

Bukan itu saja, Wakapolri berharap agar para peserta didik (serdik) tetap menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

 

“Seperti yang marak terjadi kemarin hingga hari ini. Kita semua mesti mencermati dampak dari virus corona. Untuk itu, ikuti aturan, tetap jaga jarak sosial, social distancing, jaga kesehatan dan keselamatan. Belajarlah dengan baik. Banyak narasumber eksternal yang nantinya akan memberikan sharing pengalaman, sharing penugasan dan sharing ilmu,” lanjut Wakapolri.

 

Wakapolri meyakini, jika kemudian seluruh para peserta termasuk juga seluruh elemen masyarakat mematuhi protokol dan regulasi yang ada, berbagai masalah bisa terselesaikan, ujar mantan Kapolda Metro jaya itu.

 

“Ikuti berbagai aturan yang telah dibuat, karena aturan ini adalah kerangka penyesuaian agar para peserta didik dapat beradaptasi dengan perkembangan ilmu, dengan perkembangan lingkungan strategis, guna menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan. Kepada para Widyaiswara juga agar jangan segan melakukan transfer ilmu pengetahuan yang nantinya dapat diterapkan aplikatif di lapangan. Saling gotong royong. Kita tidak bisa hanya berkutat pada keamanan dalam negeri saja tetapi juga pada berbagai faktor internal dan eksternal lainnya,” tandas Wakapolri.

(Tim-78)

963

Check Also

Usung Tema Saguna Prawerthi, Festival Beraban Tahun 2024 Kembali Digelar.

Denpasar, Selasa  26  Maret  2024 Usung Tema Saguna Prawerthi, Festival Beraban Tahun 2024 Kembali Digelar. …

Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan

Tabanan , Selasa  26  Maret  2024 Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di …