Saturday , April 20 2024
Home / Bali /

Klungkung,  Kamis  12  Januari  2022

Komisi III DPRD Kab.Klungkung : Segera realisasikan Layanan UGD disetiap Puskesmas buka 24 jam

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id –  Untuk memastikan jalanya layanan kesehatan yang baik untuk masyarakat di Kab.Klungkung,Bali. Komisi III DPRD Klungkung berharap layanan UGD di setiap Puskesmas di seluruh Klungkung agar bisa membuka pelayanan 24 jam.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Klungkung Wayan Buda Parwata mengatakan, dibukanya layanan puskesmas 24 jam sangat membantu masyarakat dalam keadaan cepat darurat.Layanan UGD Puskesmas dengan semua sudah BLUD diharapkan bisa melayani pasien 24 jam, mengingat Puskesmas sudah masuk ke dalam BLUD sejak dua tahun terakhir.

“Aspirasi dari masyarakat juga banyak yang menginginkan itu, agar Puskesmas sebagai lembaga pelayanan kesehatan terdekat, bisa membantu masyarakat yang membutuhkan dengan lebih cepat, ini sangat vital perannya, sehingga kami di Komisi III ingin ini segera dapat direalisasikan oleh Dinas Kesehatan,” ujar Wayan Buda Parwata saat rapat koordinasi dengan eksekutif ,Kamis.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di setiap puskesmas sekaligus mendekatkan pelayanan kesehatan dengan memaksimalkan peran Puskesmas di setiap Kecamatan di seluruh Klungkung.

” Dalam hal ini dewan melalui Komisi III akan selalu mendukung untuk membantu masyarakat Klungkung mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memaksimalkan pelayanan Puskesmas di semua Kecamatan,” ungkapnya.

Ini juga sejalan dengan upaya yang diinginkan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, untuk membuat keberadaan UGD lebih bermanfaat nyata bagi masyarakat di sekitarnya.

Buda Parwata menambahkan, selain soal UGD di Puskesmas, ada persoalan lainnya yang juga menjadi pembahasan bersama dan menjadi keseimpulan rakor untuk segera ditindaklanjuti. Diantaranya, data penanggulangan masalah stunting diminta untuk disikapi bersama, sebagai tindaklanjut dari hasil observasi Komisi III.

Kemudian, Penyengker Pustu Ped dipastikan tertangani tahun ini sesuai dengan hasil observasi di Nusa Penida. Ada juga pembangunan Pustu Banjarangkan juga dipastikan tertangani tahun ini sebagaimana hasil observasi ke Puskesmas Banjarangkan 1.

“Pembangunan Pustu Ceningan agar juga bisa tertangani tahun ini. Selain itu, RS Gema Santi agar segera mempercepat ada pelayanan HD (cuci darah). Ini sudah mendapat respons positif dari pihak ketiga. Termasuk penyediaan tenaga dokter spesialis bisa dilengkapi tahun ini di RS Gema Santi,” jelasnya.

Menyikapi usulan progresif tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr. Ni Made Adi Suapatni, dalam rakor tersebut mengatakan menjadikan pelayanan UGD 24 jam di seluruh Puskesmas, memang menjadi salah satu pemikiran Bupati Klungkung Nyoman Suwirta untuk segera dapat direalisasikan tahun ini.

” Oleh karena itu, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah-langkah guna merealisasikannya. Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi III, telah mendukung dan mendorong upaya itu agar bisa direalisasikan bersama pada tahun ini,” tandasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut,  Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung.

(077)

 

 

 

 

 

 

247

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Bali,  Kamis  18  April  2024 60

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  18  April  2024 Renungan  Joger 89