Thursday , April 25 2024
Home / Bali / Trisno Nugroho Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Bali :  Cinta Rupiah Dalam Atraksi Ogoh-ogoh 

Trisno Nugroho Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Bali :  Cinta Rupiah Dalam Atraksi Ogoh-ogoh 

Denpasar, Rabu  22 Maret  2023

Trisno Nugroho Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Bali :  Cinta Rupiah Dalam Atraksi Ogoh-ogoh

 

Trisno Nugroho Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Bali di acara pawai ogoh-ogoh di Denpasar, Bali , Selasa (21/3/2023)malam.

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Untuk pertama kalinya Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah Bali ikut berpartisipasi membuat ogoh ogoh setinggi kurang lebih 3,5 meter dalam memeriahkan hari raya nyepi saka 1945 yang berlokasi tak jauh dari Gedung BI yakni di Desa Yang batu Kangin jalan Letda Tantular renon Denpasar. Ogoh Ogoh Milik BI bertemakan cintai rupiah, dengan simbol burung Cendrawasih, Garuda dan Butakala diarak di sepanjang renon Denpasar disertai narasi yang menjelaskan cinta bangga rupiah kepada masyarakat luas dan juga wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Bali, Trisno Nugroho  mengatakan,  ogoh ogoh bangga dan cinta rupiah adalah ogoh ogoh pertama yang dibuat oleh BI untuk ikut serta dalam memeriahkan hari raya Nyepi saka 1945. yang bisa diartikan burung Cendrawasih yang berasal dari Irian jaya, dimana uang rupiah yang tersebar di seluruh Indonesia hingga Papua dibawakan oleh burung Garuda. Sang Butakala yang dalam Hindu terkenal dengan sifat jahatnya ingin merusak uang rupiah tapi niat jahat sang Butakala dikalahkan oleh Garuda. Sang Garuda kemudian menghimbau agar masyarakat senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik melalui metode 5 Jangan, Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi.

Lanjut  Trisno Nugroho , ide untuk ikut mengarak (pawai) ogoh ogoh pada pengerupukan hari raya nyepi ini bertujuan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan cinta dan bangga rupiah ke masyarakat luas melalui pawai ogoh ogoh yang diiringi dengan sebuah narasi yang akan menjelaskan cinta bangga rupiah.

“Memasyarakatkan cinta bangga rupiah di bali ini penting banget ya buat masyarakat bali ogoh ogoh merupakan simbul yang sangat populer sehingga nanti dalam pawai ada narasi yang menceritakan cinta bangga rupiah dimana kita mesti menjaga rupiah, pakailah rupiah di bali, dan juga KRIS dimana banyak wisman di Indonesia yang harus menyadari untuk menggunakan rupiah selama di Bali “, jelas trisno  di acara pawai ogoh-ogoh di Denpasar, Bali , Selasa (21/3/2023)malam.

Lebih lanjut Trisno Nugroho mengatakan, melalui ogoh ogoh ini diharapkan masyarakat dan juga wisatawan sadar dan menjadi tahu untuk lebih mencintai rupiah dan bisa membudaya di pulau dewata ini. mengenai biaya yang di keluarkan untuk ogoh ogoh cinta bangga rupiah ini, Trisno mengaku sekitar 2 juta rupiah.

” Biayanya sekita 1 atau 2 juta rupiah dan untuk tahun depan kita akan tetap ikut lagi dengan mengusung konsep yang berbeda yaitu inovasi dan kreatif,” tutup Trisno.

(080)

301

Check Also

Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan Tata Kelola Keuangan Yang Tertib, Transparan Dan Akuntabel.

Denpasar, Rabu  24  April  2024 Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan …

Celebrating Earth Day: Taman Safari Bali Plants 100 Trees in Gianyar

Gianyar,  Wednesday  22 April   2024 Celebrating Earth Day: Taman Safari Bali Plants 100 Trees in …