Friday , March 29 2024
Home / Bali / Stikomers Business Talks : Bali berpitensi besar dalm bidang UMKM.

Stikomers Business Talks : Bali berpitensi besar dalm bidang UMKM.

Denpasar, Sabtu 29 Mei  2021

 

Stikomers Business Talks : Bali berpitensi besar dalm bidang UMKM.

 

ITB STIKOM Bali gelar webinar bertajuk Stikomer Business Talk bertempat di Kampus STIKOM ,Sabtu (29/5/2021).

 

Bali, indonesiaexpose.co.id  – Bali memiliki potensi besar di bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hingga saat ini, jumlah UMKM yang telah terdigitalisasi hanya 50 persen. Peluang teknologi informasi akan membantu para pelaku UMKM dan seniman dalam memasarkan produknya ke tingkat global.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM Kominfo Hari Budiarto. Hari menjadi salah satu narasumber dalam ‘Stikomers Business Talks: Digital Scholarship Talent & Personal Development Plans’ yang diadakan Kampus ITB STIKOM Bali, Sabtu, 29 Mei 2021.

“Kalau hasil seni dan produk UMKM maupun ultra mikro bisa dipasarkan di luar negeri, peluangnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ujar Hari Budiarto membuka sesi dialog.

Di tahun 2021 ini Kominfo membuka talenta digital dengan kuota 100.000 orang. Jumlah itu terdistribusi untuk 8 akademi masing-masing, fresh graduated academy, vocational school graduate academy, thematic academy, professional academy, government transformation academy, digital enterpreunership academy, talent scouting academy dan digital leadership academy.

Untuk memenuhi jumlah kuota yang besar dalam program tersebut, Hari mengakui, perlu ada keterlibatan universitas seperti ITB STIKOM Bali. Mengingat, pemberian beasiswa untuk talenta digital. Tujuannya, mempersiapkan talenta digital untuk masuk pasar kerja di Menyediakan alih kompetensi di era 4.0.

“Kami bisa kerjasama dengan ITB STIKOM Bali dalam mencetak SDM berdaya saing dan bersertifikasi di bidang komunikasi dan telekomunikasi. Dengan kerjasama dengan ITB STIKOM Bali, akan banyak peserta yang dilatih,” kata Hari.

Untuk program beasiswa talenta digital ini, Rektor ITB STIKOM Bali Dadang Hermawan memaparkan, kampus IT terbesar di wilayah Bali Nusra itu, saat ini mengelola 30 unit program pendidikan, dari jenjang vokasi sekolah menengah kejuruan IT, Politeknik hingga institut.

Termasuk di dalamnya, kata Dadang Hermawan, yayasan pendidikan yang menaungi ITB STIKOM Bali juga mengelola Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). ITB STIKOM Bali juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika untuk sertifikasi tenaga Sekolah Menengah Kejuruan.

“Salah satu LPK yang saat ini tengah berjalan adalah penyaluran magang ke Jepang,” jelas Dadang Hermawan.

Program Digital Talent Scholarship Kominfo sudah dimulai tahun 2018 dan diproyeksikan hingga tahun 2024. Dari data yang ada, peserta sampai saat ini masih didominasi dari wilayah Indonesia Barat. Sedangkan Bali sendiri di program yang sama tahun sebelumnya hanya mengisi 2,5 persen peserta.

Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan sertifikat kelulusan. kemudian mendapatkan kesempatan untuk mengikuti sertifikasi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi nasional maupun sertifikat internasional.

(072)

292

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   165

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …