Friday , April 19 2024
Home / Berita Utama / Warga Sambut Antusias Santunan Dampak Sosial Pembangunan Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1

Warga Sambut Antusias Santunan Dampak Sosial Pembangunan Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1

Surakarta, Rabu  17  November  2021

 

Warga Sambut Antusias Santunan Dampak Sosial Pembangunan Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1

(Foto/Ist)

 

Jawa  Tengah,  indonesiaexpose.co.id  – Pemerintah mulai menyalurkan santunan dampak sosial bagi masyarakat yang berada di lahan rencana Pembangunan Nasional Jalur Ganda Solo-Semarang Fase 1. Penyaluran santunan di hari pertama disambut antusias warga penerima manfaat.

Penyaluran santunan dimulai, di Pendopo Kelurahan Joglo, Kota Surakarta, Selasa (16/11/2021), dengan 72 penerima. Kegiatan tersebut dilanjutkan di tiga kelurahan lainnya hingga, 23 November 2021, yakni Kelurahan Nusukan (244 penerima), Kelurahan Gilingan (221 penerima), dan Kelurahan Banjarsari (14 penerima).

Andeas Muji Rahayu, salah seorang penerima santunan mengaku merasa terbantu dengan adanya santunan tersebut. Sebelumnya, dia menghuni rumah permanen berukuran 4 x 7 meter persegi yang berdiri di atas lahan milik PT KAI.

“Iya membantu, ini untuk cari-cari rumah. Kemarin itu permanen ukuran 4 x 7 meter persegi buat usaha rongsok atau daur ulang,” katanya.

Andreas kaget santunan yang diterimanya melebihi angka yang diperkirakannya. Bangunan rumahnya tersebut diganti dengan santunan sebesar Rp36,7 juta.

“Perkiraan saya dulu sekitar Rp20 jutaan, ini malah dapatnya Rp36 juta,” ungkapnya.

Ditambahkan, uang santunan tersebut akan dibuat mencari hunian baru sekaligus modal usaha.

“Buat cari rumah, dan modal usaha,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan Warsidi, seorang penerima santunan. Menurutnya, jumlah santunan yang diterima sangat banyak, dan cukup untuk mencari hunian serta modal usaha baru.

“Iya banyak dan senang. Karena dapat ganti dari pemerintah. Bisa cari rumah dan tidak lagi menempati yang ada di lahan pemerintah,” tuturnya.

Kakek berusia 70 tahun itu, bekerja dengan membuka jasa potong rambut. Dia menerima santunan Rp70 juta lebih.

“Sebelumnya tinggal di samping rel, itu saya bangun sendiri. Saya usaha buka salon (potong rambut). Nanti uang santunan buat cari hunian lagi dan buka usaha,” terangnya.

Sementara, anggota Sekretariat Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Rangka Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Nasional Jalur Ganda Solo-Semarang fase 1, Endro Hudiyono menuturkan bahwa ada sebanyak 551 warga yang menerima santunan dampak sosial atas rencana pembangunan rel layang tersebut.

“Santunan itu diberikan bagi mereka yang punya bangunan di atas lahan Balai Teknik Perkeretaapian. Ada sekitar 551 di empat kelurahan,” ungkap Endro Hudiyono melaui siaran tertulisnya, Rabu (17/11/2021).

Dijelaskan, besaran santunan di masing-masing penerima ditentukan oleh Tim Terpadu melalui identifikasi, dan dilanjutkan kajian di Tim Appraisal independen.

“Ada beberapa hal untuk menentukan besarannya. Di antaranya biaya mobilisasi bongkar bangunan, estimasi sewa rumah maksimal 12 bulan, nilai bangunan, dan tanam tumbuh,” tegasnya.

Anggota Sekretariat Tim Terpadu yang lain, Ilham Pribadi menambahkan, tahap sosialisasi hingga penyaluran santunan berjalan lancar.

“Tidak ada kendala. Kita sudah sosialisasi sejak Maret 2021. Meski sempat terkendala pandemi, Agustus kita lanjutkan lagi dan hari ini mulai penyaluran santunan,” titahnya.

Penyaluran di hari pertama relatif lancar, bahkan warga terlihat antusias.

“Kami pastikan sesuai mekanisme yang ada. Warga datang membawa berkas persyaratan dan diverifikasi, lalu mereka mendapat buku tabungan masing-masing,” jelasnya.

Kepala Balai Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Putu Sumarjaya mengatakan, total anggaran untuk santunan total sebesar Rp32 miliar.

“Ini upaya penertiban dulu, kalau pembebasan lahan mulai tahun depan, itu yang ada di tanah KAI,” katanya.

Putu mengatakan untuk nilai santunan yang diberikan kepada setiap penerima tidak sama, tergantung dari sejumlah komponen yang dipertimbangkan, di antaranya nilai bangunan dan pohon yang tumbuh di tanah.

“Selain itu juga akan diberikan biaya sewa kurang lebih 12 bulan,” tandasnya.

(047)

375

Check Also

10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di Bangladesh

Semarang,  Selasa  16  April  2024 10 Atlet Bertalenta Khusus Asal Jateng Wakili Indonesia Berlaga di …

Renungan  Joger

Bali,  Selasa  16  April  2024 Renungan  Joger 110