Thursday , May 2 2024
Home / Bali / 2023  Kpw BI Bali Gelar  Survei BISAID 2023 pada periode April – Agustus 2023 

2023  Kpw BI Bali Gelar  Survei BISAID 2023 pada periode April – Agustus 2023 

Denpasar, Jumat  15  Desember  2023 

 

Kpw BI Bali Gelar  Survei BISAID 2023 pada periode April – Agustus 2023 

 

(Foto: Hms BI Bali)

Bali, indonesiaexpose.co.id – Dalam upaya mendorong intermediasi perbankan, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bali telah melaksanakan Survei Database Profil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Potensial Dibiayai (BISAID) tahun 2023 pada periode April – Agustus 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja mengatakan, survei ini dilakukan kepada 50 responden UMKM di Provinsi Bali yang berpotensi memperoleh pembiayaan dan memerlukan edukasi dari lembaga keuangan formal, khususnya perbankan.

Survei dilakukan dalam rangka mendorong intermediasi perbankan kepada sektor riil dan UMKM, melalui penyediaan informasi data profil UMKM yang membutuhkan kredit/pembiayaan dalam rangka pengembangan usahanya.

” Bank Indonesia senantiasa mendukung pengembangan UMKM salah satunya melalui peningkatan literasi keuangan terutama akses pembiayaan,” jelas Erwin melalui siaran resminya di Denpasar-Bali.

Menurutnya,  ada beberapa tantangan UMKM khususnya untuk mengakses pembiayaan dari lembaga formal antara lain; yang pertama information gap antara lembaga keuangan dengan UMKM; kemudia yang kedua keterbatasan informasi data UMKM potensial yang valid dan akurat yang dapat diakses oleh lembaga keuangan; yang ketiga ketersediaan laporan keuangan UMKM yang belum memadai.

“Database UMKM yang potensial untuk dibiayai diharapkan dapat mengurangi asymmetric information antara lembaga keuangan dengan UMKM,” terangnya.

Lebih jauh, hasil survei ini dapat dimanfaatkan oleh perbankan untuk mencari UMKM potensial yang dapat dibantu pembiayaannya dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas produk.

Data profil UMKM yang disajikan meliputi informasi pemilik, kegiatan usaha, tingkat persaingan usaha, total aset, rata-rata penjualan, proyeksi pertumbuhan, kebutuhan pembiayaan, taksiran aset untuk jaminan kredit serta jumlah dokumen persyaratan kredit.

Selanjutnya, dengan tersedianya data profil UMKM tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pihak terutama bagi UMKM dalam rangka mempercepat akses pembiayaan dari perbankan.

Sebaran responden survei 50 UMKM meliputi 1 UMKM dari Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; 6 UMKM Industri Pengolahan; 14 UMKM Perdagangan Besar dan Eceran; 14 UMKM Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum; 14 UMKM aktivitas jasa lainnya, serta 1 UMKM Aktivitas Penyewaan dan Sewa Guna Usaha Tanpa Hak Opsi, Ketenagakerjaan, Agen Perjalanan dan Penunjang Usaha Lainnya.

“Ke depan Bank Indonesia akan melengkapi database UMKM yang tersebar di Bali sebagai upaya untuk terus mendukung UMKM Bali agar naik kelas,” tandasnya.

(080)

142

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  01  Mei  2024 Renungan  Joger 195

Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan

Tabanan,  Selasa  30  April 2024 Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan …