Friday , April 19 2024
Home / Bali / Rai Mantra Serahkan KIA Terintegrasi Si Darling di SDN 2 Sesetan, edukasi Siswa dan Masyarakat Peduli Lingkungan

Rai Mantra Serahkan KIA Terintegrasi Si Darling di SDN 2 Sesetan, edukasi Siswa dan Masyarakat Peduli Lingkungan

Denpasar, Selasa 13  Agustus  2019

 

Rai Mantra Serahkan KIA Terintegrasi Si Darling di SDN 2 Sesetan, edukasi Siswa dan Masyarakat Peduli Lingkungan

 

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat menyerahkan KIA di SDN 2 Sesetan, Denpasar, Senin (12/8).

 

BALI, INDEX  –  Komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi kependudukan (adminduk), khususnya Kartu Identitas Anak (KIA) terus digalakkan. Kali ini, guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk aktif melaksanakan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dilaksanakan sistem jemput bola bagi siswa SD dengan menggandeng Disdikpora, serta membangun sistem yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Sadar dan Peduli Lingkungan (Si Darling).

Kali ini, sebanyak 270 KIA dibagikan langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra di SDN 2 Sesetan, Senin (12/8). Dalam kesempatam tersebut Walikota Rai Mantra turut menyaksikan langsung pementasan dan kampenye lingkungan dari siswa SDN 2 Sesetan. Seperti halnya Baleganjur, Tari Sekar Jempiring, Senam, serta Drama. Selain itu juga turut dipamerkan karya lukisan dan kerajinan barang daur ulang karya siswa.

Walikota Rai Mantra dalam arahanya menekankan bahwa Kartu Identitas Anak (KIA) sangatlah penting dimiliki oleh seoarang anak yang berusia dibawah 17 tahun. Selain dapat dikantongi sebagai identitas diri, KIA di Kota Denpasar juga terintegrasi dalam program lingkungan Sistem Informasi Sadar dan Peduli Lingkungan (Si Darling).

Lebih lanjut dikatakan Rai Mantra bahwa Si Darling saat ini merupakan program strategis pengurangan sampah non organik di hulu/rumah tangga. Dengan demikian pengurangan sampah menuju ke TPA dapat diminimalisir.

“Ini merupakan wujud nyata revolusi mental dan perubahan karakter dalam kepedulian terhadap lingkungan, selain itu dengan Si Darling ini masyarakat juga akan mendapatkan reward pelayanan berdasarkan capaian poin,” ujar Rai Mantra sembari menekankan bahwa peningkatkan poin dapat dilaksanakan dengan aktif menjadi nasabah bank sampah yang kini jumlahnya di Kota Denpasar mencapai 100 Bank Sampah.

Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata saat diwawancarai disela kegiatan menjelaskan bahwa Inovasi lintas sektoral ini dibangun guna optimalisasi fungsi KIA selain sebagai identitas juga menjadi kartu peduli lingkungan. Secara umum, KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP. Menurut Permendagri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk.

Tak hanya itu. KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. Per 28 Juli 2019, sebanyak 86.830 anak telah mengantongi KIA. Dan bagi masyarakat yang anaknya belum memiliki KIA dapat melaksanakan pengurusan KIA di Disdukcapil Kota Denpasar. “Kami secara berkelanjutan terus mebangun sinergitas lintas sektoral seperti halnya melaksanakan sistem jemput bola di SD serta mengintegrasikan KIA dengan Si Darling,” ujarnya.

Kepala Sekolah SDN 2 Sesetan, I Gusti Ayu Rai Mastutik, mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih atas dibagikanya KIA yang telah terintegrasi dengan Si Darling di SDN 2 Sesetan ini. Diharapkan dengan adanya integrasi antara KIA dan Si Darling diharapkan mampu menekan volume sampah yang dibuang ke TPA. Selain itu, dengan integrasi ini juga memudahkan pihaknya untuk mengecek langsung siswa yang tergabung dalam Bank Sampah Resik Lestari SDN 2 Sesetan.

Salah seoarang siswa, Erik Setiawan (11) siswa kelas VI SDN 2 Sesetan mengaku senang bisa memiliki KIA. Pihaknya berharap hal ini juga menjadi identitas diri sekaligus sarana untuk pengecekan poin dari Bank Sampah Resik Lestari di SDN 2 Sesetan.

“Kami senang dan bangga, kini kami punya identitas diri dengan KIA ini,” paparnya.

(002).

299

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Bali,  Kamis  18  April  2024 58

Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja

Yogyakarta, Kamis  18  April  2024 Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan …