Friday , April 19 2024
Home / Bali / Rai Mantra pimpin apel Hari Kesaktian Pancasila, kuatkan mental persatuan serta Kompetensi Global

Rai Mantra pimpin apel Hari Kesaktian Pancasila, kuatkan mental persatuan serta Kompetensi Global

Denpasar, Rabu  02  Oktober  2019

 

Rai Mantra pimpin apel Hari Kesaktian Pancasila, kuatkan mental persatuan serta Kompetensi Global

 

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dalam pelaksanaan apel Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Lumintang Denpasar, Selasa (1/10/2019). Pada peringatan ini juga tampak dihadiri Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar.

 

BALI,  INDEX  –  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah bukti sejarah bahwa bangsa ini bisa bertumbuh menjadi bangsa yang besar ketika mampu menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan memaknai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa. Makna Kesaktian Pancasila merupakan upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar Negara serta ideologi bangsa. Pancasila sendiri memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara Indonesia untuk mengatur penyelenggaraan sebuah negara yang meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dalam pelaksanaan apel yang digelar Pemkot Denpasar melibatkan berbagai unsur. Dari sisiwa sekolah, ASN Pemkot Denpasar, Pecalang, TNI dan Polri hingga Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar dengan inspektur upacara Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Selasa (1/10) di Lapangan Lumintang Denpasar. Tampak pula dalam Apel peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dihadiri Wakil Walikota I GN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Denpasar. Pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila juga digemakan yang dibacakan Ketua DPRD, I Gusti Ngurah Gede.

Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra usai memimpin apel mengatakan, bahwa hari Kesaktaian Pancasila memberikan makna penting menguatkan persatuan dan kesatuan serta saat ini dapat dimaknai dalam meningkatkan kompetensi global. Sehingga bela negara dan bela Pancasila dapat dijawab dengan menguatkan kompetensi global dalam membangun bangsa dan negara.

“Generasi muda kita harus betul-betul memahami dan memaknai serta memiliki pemikiran dalam menjaga persatuan dan kesatuan sehingga tidak melemahkan diri sendiri serta menguatkan kompetensi untuk bela negara dalam artian mampu bersaing memenangani persaingan global,” ujar Rai Mantra.

Memenangi persaingan global menurut Rai Mantra baik dalam bidang Pendidikan, ekonomi dan bidang lainnya yang diharapkan mampu memperkuat bela negara untuk kemajuan kita bersama.

“Kami berharap kita dapat semakin kuat dan semakin maju serta Pancasila tentunya semakin memberikan semangat dan spirit kemajuan kita bersama,” tutup Rai Mantra.

(070)

280

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     62

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …