Thursday , June 13 2024
Home / Bali / Pemkot Denpasar Segera Distribuskan Bantuan Sembako Sasar Enam Kelompok Terdampak Covid 19

Pemkot Denpasar Segera Distribuskan Bantuan Sembako Sasar Enam Kelompok Terdampak Covid 19

Denpasar, Senin  13  April  2020

 

Pemkot Denpasar Segera Distribuskan Bantuan Sembako Sasar Enam Kelompok Terdampak Covid 19

Jubir Satgas Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

 

BALI,  INDEX  –  Goncangan perekonomian akibat dampak mewabahnya pandemi Covid-19 sangat dirasakan masyarakat. Guna memberikan meringankan beban wargannya sebagai upaya menjaga stabilitas sosial dan ekonomi, Pemkot Denpasar segera akan mendistribusikan Bantuan Sembako dengan menyasar enam kelompok sasaran.

 

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai  menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar memiliki komitmen dalam menjaga stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan memberikan bantuan sembako. Adapun terdapat sebanyak enam kelompok sasaran yang turut disasar. Yakni Keluarga Penerima Manfaat yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, Lansia dan Disabilitas, Orang Dalam Pemantauan (ODP), Keluarga PDP, Pekerja Harian, Pekerja PHK, dan Pekerja yang dirumahkan.

 

“Sesuai dengan analisis dan pendataan di lapangan, ada enam kelompok sasaran yang rentan mengalami gaangguan sosial dan ekonomi saat penanganan wabah covid-19 ini, termasuk ODP,” ujar Dewa Rai saat dikonfirmasi Senin (13/4/2020).

 

Lebih lanjut dijelaskan guna merealisasikan bantuan ini, Pemkot Denpasar telah merancang skema pembiayaan mulai dari APBN (PKH, KPM dan Kartu Prakerja), APBD, serta APBDes. Bantuan ini akan terus bergerak sepanjang proses pendataan di tingkat Desa/Kelurahan yang akan disesuaikan dengan Data Dinas Sosial.

 

“Dalam minggu ini rencananya kita akan distribusikan secara bertahap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bersama Satgas Covid-19 Desa/Kelurahan dan Desa Adat,” jelasnya.

 

Adapun sesuai dengan data di Kota Denpasar terdapat 11.812 KPM yang telah terdata sesuai nama dan alamat yang terdiri atas 3.058 KPM, 1.569 KPM Tambahan dan 7.185 KPM yang masih diusulkan untuk ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

 

“Secara teknis sembakonya sudah siap, khusus untuk yang ODP diberikan tambahan selain sembako, seperti sabun, detergen, vitamin, masker, dan sarana sterilisasi. Menurutnya bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid 19, serta mengajak mengajak masyarakat untuk selalu mengikuti imbauan pemerintah dalam upaya percepatan penanganan virus corona ini.

(Adv)

 

 

296

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  12  Juni 2024 Renungan  Joger   162

Walikota Jaya Negara Serahkan Piala Bergilir Juara Bulutangkis Walikota Cup XIV.

Denpasar, Selasa 11  Juni  2024 Walikota Jaya Negara Serahkan Piala Bergilir Juara Bulutangkis Walikota Cup …