Thursday , May 2 2024
Home / Bali / Bupati Paser Lakukan Studi Tiru di Pemkab Tabanan Bali

Bupati Paser Lakukan Studi Tiru di Pemkab Tabanan Bali

Tabanan, Jumat 20 Oktober 2023

Bupati Paser Lakukan Studi Tiru di Pemkab Tabanan Bali

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – Dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura yang lebih baik, guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Paser serta persiapan pemenuhan kebutuhan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sektor pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melakukan studi tiru ke Kabupaten Tabanan Provinsi Bali.

Alasan dipilihnya Kabupaten tersebut karena pada 2022 lalu, Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah menganugerahkan Kabupaten Tabanan indeks ketahanan pangan (IKP) terbaik I dengan nilai sebesar 92,20 dan menjadi daerah agraris dengan predikat lumbung pangan Bali.

Bupati Tabanan diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila didampingi Asisten II dan Kepala Dinas serta seluruh Kabid Dinas Pertanaian Kabupaten Tabanan, menerima kunjungan rombongan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur yang dipimpin Bupati Fahmi Fadli dalam rangka Kunjungan Studi Tiru di Ruang Rapat Wakil Bupati Tabanan, Kamis, (19/10/2023) siang.

Bupati Paser, Fahmi Fadli mengatakan studi tiru yang dilakukan didasari atas keinginan Pemkab Paser untuk belajar di Kabupaten Tabanan.Kabupaten Tabanan dinilai sebagai daerah agraris dengan predikat lumbung pangannya Bali.

Rombongan terlebih dahulu mengecek lokasi lahan pertanian Subak Bengkel, di Kabupaten Tabanan yang indeks ketahanan pangan terbaik I di tahun 2022 dengan Indeks Ketahanan Pangan (IKP) mencapai 92,20.

“Kunjungan kami ini karena kami baru mulai melakukan (fokus) pengembangan pertanian, sedangkan Kabupaten Tabanan sudah turun temurun pengembangannya,” kata Fahmi Fadli, di ruang rapat wakil bupati Tabanan.

Perihal pengembangan sektor pertanian, selain tertuang dalam RPJMD 2023 yang mengusung tema pengembangan industri pengolahan berbasis masyarakat, untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, di sisi lain juga hadir di IKN Nusantara.

Studi tiru yang dilakukan itu, juga dalam rangka mewujudkan visi Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS) yang tertuang dalam 9 program prioritas yaitu menjadikan pertanian sebagai sektor andalan Kabupaten Paser.

“Kami lakukan itu karena Paser juga termasuk mitra strategis IKN, kami khawatir saja jika pasokan pangan kami kurang, sehingga kami harus bisa memenuhi kebutuhan pangan di IKN dan Kabupaten Paser,” jelasnya.

Untuk pengembangan pertanian, Pemkab Paser saat ini banyak melakukan peningkatan kualitas usaha tani.

“Hal itu kami lakukan guna membantu akses masyarakat dan petani,” terangnya

Sekda Tabanan beserta jajaran menyambut baik kehadiran rombongan Bupati Paser, dan menyampaikan permohonan maaf karena Bupati Sanjaya tidak dapat menyambut secara langsung kedatangan Bupati Paser. Sekaligus, Sekda Tabanan mewakili Pemerintah menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati Paser dan siap berkolaborasi serta sharing program dengan Kabupaten Paser, khususnya terkait sektor pertanian di Tabanan.

Sekda Pemkab Tabanan I Gede Susila mengatakan wilayah yang memiliki 10 kecamatan ini memiliki objek wisata berbasis pertanian dan telah tercatat di Unesco sebagai warisan budaya dunia.

“Kalau di sini, ada lahan pertanian subak Bengkel dan Jati Luit. Jadi selain ramai wisatawan ini juga upaya kita melestarikan pertanian,” tandasnya.

Subak Bengkel merupakan subak yang ada di Desa Bengkel Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, yang meliputi Desa Bengkel dan Desa Pangkung Tibah dengan mempunyai luas baku 345 hektar. Subak Bengkel memiliki anggota 438 orang.

(Adv)

200

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  01  Mei  2024 Renungan  Joger 212

Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan

Tabanan,  Selasa  30  April 2024 Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan …