Monday , June 14 2021
Home / Bali / Tim Verifikasi Penghargaan APE Apresiasi Komitmen Pemkot Denpasar Tentang Pengarusutamaan Gender

Tim Verifikasi Penghargaan APE Apresiasi Komitmen Pemkot Denpasar Tentang Pengarusutamaan Gender

Denpasar, Kamis  18  Maret  2021

 

Tim Verifikasi Penghargaan APE Apresiasi Komitmen Pemkot Denpasar Tentang Pengarusutamaan Gender

 

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Tim verifikasi Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Denpasar atas pengarusutamaan gender. Demikian disampaikan Tim Verifikator Kementrian PPPA RI, Sally Astuti Wardani saat memberikan sambutan pada virtual meeting verifikasi dalam rangka pemberian Penghargaan APE tahun 2020. Dalam pelaksanaan virtual meeting tersebut hadir Asisten Deputi Bidang Perumusan Kebijakan, Muhammad Ihsan, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya pada Kamis, (18/3).

Verifikasi tahun ini makin berat karena indikator penilaiannya lebih ketat. Hal ini dapat dilihat dari daerah yang diverifikasi tahun ini lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. “Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar karena telah mampu mempertahankan prestasi untuk di verifikasi,” ujar Sally Astuti Wardani. Lebih lanjut Sally Astuti menambahkan verifikasi ini untuk mengetahui lebih jauh data dan informasi tentang pengarusutamaan gender, perlindungan perempuan dan perlindungan anak yang dilakukan Pemerintah Kota Denpasar. Sudah banyak kebijakan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Denpasar namun apakah telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Itu merupakan salah satu indikator penguat argumen dalam verifikasi ini.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam sambutannya mengatakan pengarusutamaan gender (PUG) bukanlah suatu program atau kegiatan, melainkan suatu strategi, strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi suatu dimensi integral mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan untuk mencapai suatu keadilan gender sesuai dengan instruksi presiden nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional.

“Komitmen Pemerintah Kota Denpasar untuk memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam proses pembangunan. Sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat,” ujarnya.

Dalam pembangunan di Kota Denpasar keterlibatan tokoh wanita sangat besar sekali bahkan banyak ide-ide yang muncul terkait penanganan masalah anak, disabilitas dan pemberdayaan perempuan muncul dari tokoh-tokoh wanita. Termasuk dalam bidang ekonomi, politik dan pemerintahan banyak tokoh wanita yang telah memegang peranan penting. Ini menandakan telah diberikan kesempatan dan ruang seluas-luasnya untuk kaum perempuan.

Sementara Ketua Pokja PUG Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan kriteria atau syarat untuk mengikuti verifikasi ini meliputi adanya komitmen pemerintah, adanya kebijakan, serta adanya sumber daya manusia dan anggaran, tersedia data, alat analisis yang digunakan dan terakhir peran serta masyarakat atau dunia usaha.

“Tujuan akhir dari verifikasi ini untuk mengurangi kesenjangan pengarusutamaan gender,” pungkasnya.

(070)

Check Also

Salah Gunakan Masker Tim Yustisi Denpasar Berikan Pembinaan Warga Pelanggar Prokes

Denpasar, Minggu  13  Juni  2021   Salah Gunakan Masker Tim Yustisi Denpasar Berikan Pembinaan Warga Pelanggar …

Walikota Jaya Negara Tinjau Vaksinasi Gojek Di Denpasar Sasar 1000 Driver.

Denpasar, Minggu  13  Juni  2021   Walikota Jaya Negara Tinjau Vaksinasi Gojek Di Denpasar Sasar …