Thursday , April 25 2024
Home / Bali / Memasyarakatkan Electrifying Lifestyle, PLN bersama Dishub Bali Gelar Uji Coba Mobil Listrik

Memasyarakatkan Electrifying Lifestyle, PLN bersama Dishub Bali Gelar Uji Coba Mobil Listrik

Denpasar, Jumat 18 Juni 2021

 

Memasyarakatkan Electrifying Lifestyle, PLN bersama Dishub Bali Gelar Uji Coba Mobil Listrik

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id   – PLN UID Bali bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali menggelar acara uji coba mobil listrik, Jumat (18/06/2021).

Martindar Jalu Respati Senior Manager Niaga PLN UID Bali PLN saat menyampaikan sambutannya di halaman kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini dimaksudkan untuk mengenalkan konsep electrifying lifestyle kepada masyarakat.

“Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat gaya hidup dengan konsep electrifying lifestyle, yakni bagaimana menggunakan dan memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari – hari, salah satunya adalah dengan mengendarai mobil listrik,” jelas Martindar Jalu Respati Senior Manager Niaga PLN UID Bali PLN melalui siaran tertulisnya, Jumat, (18/6/2021).

Hal ini, menurutnya sejalan dengan misi Gubernur Bali yang mencanangkan penggunaan energi bersih.

“Bahan bakar yang bersumber pada fosil semakin tipis, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah menghemat penggunaannya dan mengendarai mobil listrik ini 4 – 5 kali lebih hemat dibanding mobil konvensional,” ungkapnya

Pihaknya juga menjelaskan bahwa saat ini PLN memberikan diskon untuk penggunaan home charging sebesar 30% untuk pengisian ulang pada pukul 22.00 – 05.00 pagi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I GW. Sami Gunarta menjelaskan bahwa target tahun 2021 sudah terdapat 1000 pengguna motor listrik dan 100 pengguna mobil listrik di Bali.

“Hingga kini di Bali tercatat untuk kepemilikan kendaraan motor listrik sebanyak 530 pengguna, sedangkan untuk mobil listrik penggunanya sebanyak 19, sehingga memerlukan percepatan,” ungkap Samsi.

Saat melaksanakan uji coba mobil listrik, dirinya menjelaskan keunggulan mobil listrik memudahkan pengemudinya.

“Mobil ini tidak berisik, akselerasinya sangat bagus, fitur dan tempat duduknya nyaman. Rasanya seperti mengendarai mobil besar karena handling dan stabilitynya yang baik,” jelas Samsi.

Samsi juga berpendapat bahwa Indonesia seharusnya dapat menguasai teknologi kendaraan ini, sehingga makin terjangkau kedepannya.

“Khususnya untuk teknologi baterai, Indonesia kedepannya mampu menguasai komponen termahal dari kendaraan ini sehingga harga kendaraan ini semakin terjangkau untuk masyarakat,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk mempercepat pertumbuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ini, infrastruktur harus dilengkapi serta terus melakukan edukasi kepada masyarakat.

Acara uji coba mobil listrik dimulai dari Kantor Dinas Perhubungan menuju Jalan Cok Agung Tresna dan Jalan Raya Puputan, dilanjutkan ke Jalan Dewi Sartika kemudian berbelok ke Jalan Diponegoro, Jalan MT Haryono, Jalan P.B. Sudirman, berhenti sejenak di SPKLU PLN UP3 Bali Selatan untuk mencoba pengisian ulang dengan menggunakan aplikasi Charge.In, dan dilanjutkan dengan kembali menuju Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali.

Kegiatan yang diselenggarakan PLN bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali turut dihadiri oleh Kepala Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali I Made Santha, serta perwakilan Forkopimda Provinsi Bali lainnya.

(077)

579

Check Also

Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center

Bangli , Rabu  24  April  2024 Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center       Bali,  …

Renungan  Joger

Bali,  Rabu  24  April  2024 Renungan  Joger 82