Friday , May 3 2024
Home / Bali / Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar, Selenggarakan Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomer 4 tahun 2022.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar, Selenggarakan Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomer 4 tahun 2022.

Gianyar, Minggu  31  Juli  2022

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar, Selenggarakan Sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomer 4 tahun 2022.

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gianyar, Bali menggelar sosialisasi Peraturan KPU (PKPU) nomer 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan pendaftaran partai politik peserta Pemilu DPR dan DPRD,  bertempat  di Green Kubu Cafe, Tegalalang Kab.Gianyar-Bali, Minggu (31/7/2022).

Dihadiri oleh Sekda Gianyar asisten I, kesbangpol Pemkab Gianyar dan para pengurus partai politik (Parpol) di Gianyar. Diantaranya Perindo, PKB, PDIP, Golkar, NasDem, Gerindra, Garuda, Berkarya, PKS, Hanura, Demokrat, PKP, Gelora, PSI dan PKN.

Ketua KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna menjelaskan, proses pendaftatan peserta Pemilu 2024 ini dimulai, 1 Agustus 2022. Dijelaskan juga, ada beberapa kebijakan dan perubahan terkait teknis pelaksanaan Pemilu.

Dalam hal ini, KPU Bali dan KPU Gianyar hanya melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap Parpol yang telah mendaftar ke pusat.

Yakni, seluruh proses pendaftaran dilakukan di KPU pusat, melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Jadi tak harus menunggu usai pendaftaran. Prosesnya adalah dari tanggal 2 sampai 11 September 2022. Diharapkan betul-betul dapat dipahami bagaimana mekanisme yang bisa kami lakukan, jelas Agus Suguna.

Lebih lanjut dikatakannya, penetapan proses kampanye nantinya hanya 75 hari. Dan, pencetakan kartu pemilih dilakukan setelah adanya data calon tetap atau paling tidak menghabiskan waktu 25 hari sampai proses pelipatan. Agus Suguna pun menilai waktu yang dimiliki saat ini sangat singkat, berbeda dengan Pemilu 2019, yang tanggang waktu proses kampanyenya mencapai 190 hari.

“Kami harap kerjasama semua pihak, supaya proses pemilu ini bisa berjalan lancar,” tutup Agus. (072)

409

Check Also

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 224

Indonesia Expose.co.id

Bali, Rabu 01 Mei 2024 90