Friday , March 29 2024
Home / Bali / Hingga Tahun 2030 Indonesia Butuhkan 9 Juta Talenta Digital

Hingga Tahun 2030 Indonesia Butuhkan 9 Juta Talenta Digital

Denpasar, Kamis  06  Januari  2022

 

Hingga Tahun 2030 Indonesia Butuhkan 9 Juta Talenta Digital

 

Ni Luh Djelantik (kiri) menerima serifikat penghargaan sebagai narasumber dalam Kuliah Industri ITB STIKOM Bali (Foto/Ist)

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Tak kurang dari 3.062 mahasiswa ITB STIKOM Bali selama dua hari, Kamis – Jumat, mengikuti kuliah industri dengan menghadirkan 12 narasumber yang ahli atau praktisi yang kompeten dalam bidangnya. Acara ini dibuka secara online dari Jakarta olah Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM (Deputi IV Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan diikuti secara online oleh pejabat struktural di Aula ITB STIKOM Bali dan para mahasiswa ITB STIKOM Bali dari rumahnya, Kamis (06/01/2022) .

Mohammad Rudy Salahuddin menegaskan, Pandemi Covid 19 ternyata ikut mengakselerasi adopsi bisnis digital. Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan perilaku dan aktivitas masyarakat, diikuti dengan berbagai perkembangan model bisnis yang makin terdigitalisasi. Trend pemanfaatan terlihat dari meningkatnya berbagai aktivitas dan belanja, seperti bekerja secara online, telemedicine dan juga layanan keuangan digital.

Melalui siaran tertulis yang diterima redaksi indonesiaexpose.co.id ,Kamis (06/1/2022) di jelaskan, pada tahun 2030 diprediksi 30 persen kegiatan pemenuhan konsumsi terutama di negara-negara maju akan dilakuakan secara online yang akan medorong peningkatan pembayaran digital. Komposisi masyarakat di masa depan juga akan didominasi anak muda, para digital nettist, seperti mahasiswa ITB STIKOM Bali yang sangat adaptif terhadap perkembangan teknologi yang sekalikgus menjadi pelaku dan penompang utama konsumsi global. Sinyal adaptasi menuju More Society 5.0 semakin kuat terlihat dari studi yang dilakukan oleh Google dan Temasek tahun 2021 yang menyatakan bahwa pada tahun 2020 sekitar 75 % penduduk ASEAN telah terkoneksi internet dengan jumlah pengguna sebanyak 440 juta orang, dimana 350 juta orang memanfaatkannya untuk layanan ekonomi digital dan 60 juta di antaranya adalah pengguna baru sejak merebaknya Pandemi Covid – 19.

“Gambaran ini menunjukkan mugnkin pada 10 atau 20 tahun mendatang tidak ada lagi istilah ekonomi digital karena semua ekonomi sudah terdigitalisasi,” tuturnya.

Berdasarkan data Kementerian Kominfo RI, Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan hingga tahun 2030 mendatang, Indonesia membutuhkan tambahan 9 juta talenta digital atau sekitar 600 ribu orang per tahun. Ini untuk mendukung usaha bisnis digital seperti UMKM, E-Commerce, Edutech, Healthtech, dan lain-lain. Ini peluang bagi para lulusan teknologi Informasi.

Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti (WDS) Denpasar – induk ITB STIKOM Bali – Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, M.Si., Ak., C.A, dalam welcome speek menyatakan, Kuliah Industri ini untuk memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa agar menghasilkan link and match atau kesetaraan dan kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

“Kuliah Industri ini merupakan salah satu agenda akademik yang wajib diikuti oleh seluruh civitas mahasiswa ITB STIKOM Bali untuk memperluas wawasan pengetahuan berkaitan dengan dunia kerja dI bidang IT,” sambung Dharmadiaksa.

 

Foto :Ida Bagus Dharmadiaksa didamping tiga wakil rektor dan ketua panitia memberi keterangan pers usai pembukaan kuliah industri ITB STIKOM Bali (Foto/Ist)

 

Ketua Panitia Kuliah Industri ITB STIKOM Bali Bagus Made Sabda Nirmala, S.Si, M.Eng menjelaskan, topik yang dibahas adalah topik kekinian, mulai dari e-commerce, data science – augmented reality, creative content, cyber security, digital marketing and branding, NFT pada industri kreatif grapich design, blockchain and crypto currency, creativepreuneur, industry food and beverage, cloud platform technology, dunia saham dan investasi hingga industri software engineering.

Disebutkan, narasumbernya antara lain Furin Ongko (Lead Technical Program Manager Amazon Web Services) yang mengupas peran penting teknologi cloud computing di masa new normal, I Putu Gede Rahman Desyanta (CEO kepeng.id) membahas pengaruh crypto currency dan teknologi blockchain di masa depan, I Putu Sudiarta (CEO PT Bamboomedia Cipta Persada) membahas content creator, perancang sepatu dan pemilik paten Niluh Djelantik memaparkan pemanfaatan dan pemaksimalan aplikasi e-commerec di era new normal, pendiri dan CEO Digital Lontar Nusatara I Wayan Lovayana membahas Data Science dan Machine Learning melalui Game Augmented dan Virtual Reality, mantan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra membagi pengalamannya bagaimana menjadi kreatif dan berpenghasilan di usia muda, dan Yus Sudbya CEO Info Denpasar.

Menurut Bagus Sabda, sasaran utama dalam kuliah industri ini adalah mahasiswa aktif STIKOM Bali yang disiapkan untuk menjadi sumber daya manusia berdaya saing tinggi untuk berkompetisi dalam era revolusi industri 4.0 dan membuka wawasan mahasiswa dengan mendengar sharing pengalaman langsung oleh para pakar dan praktisi dari dunia industri serta sharing informasi mengenai trend perkembangan industri digital saat ini.

“Walaupun acara ini digelar secara daring tetapi kami berharap para mahasiswa dapat mengikuti kuliah industri ini secara serius untuk menambah pengetahuan, wawasan bisinis dan tentu pengalaman yang bisa contoh dari para narasumber,” tandas Bagus Sabda.

(079)

604

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   164

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …